About me

SELAMAT BERGABUNG DIJHEMY-BLOG

Thursday 3 February 2011

Home » Bagaimana Cara Memonitor Akses User yang tidak Mendapatkan Otorisasi terhadap Sharing Folder (Win2000/XP/Win Server 2003)

Bagaimana Cara Memonitor Akses User yang tidak Mendapatkan Otorisasi terhadap Sharing Folder (Win2000/XP/Win Server 2003)

Tingkat keamanan pada OS memang sangat diprioritaskan. Tips menjelaskan cara memonitor akses user yang mendapatkan otorisasi terhadap komputer sharing.
Langkahnya adalah klik Start > klik setting > klik Control Panel > klik dua kali Administrative Tools > klik dua kali Local Securty Policy > klik pada tanda [+] pada folder Local Policies > klik Audit Policy > klik kanan pada Audit Object Acces > klik Properties, maka akan muncul jendela Audit Object Acces Properties. Pilihlah Succes dan atau Failure pada check box > klik OK > setelah itu, klik kanan pada folder yang di-sharing > klik Properties > klik Tab Security > klik Advanced > Klik Tab Auditting > klik Add untuk memasukkan group atau user yang akan Anda Audit > klik OK, lalu tandai bagian-bagian yang ingin anda Audit > Klik OK > Klik OK > Klik OK untuk keluar dari folder sharing Properties.
gambar 1
gambar 2
gambar 3
Saya telah mengaktifkan Akses Auditing, bagaimana saya mengetahui jika ada yang berhasil atau tidak dalam mencoba masuk ke folder yang di-sharing?
Cara mengetahui apakah ada yang berhasil atau tidak dalam mencoba masuk folder yang di-sharing adalah klik Start > klik Settings > klik Control Panel > klik dua kali Administrative Tools > klik dua kali Event Viewer > klik Security Log, maka Windows akan memperlihatkan seluruh Auditing Event
Bagaimana cara cepat Akses ke Event Viewer ?
Cara mudah membuka event viewer adalah membuat shortcut Event Viewer di desktop.
gambar 4

0 comments: